Recent Posts



Jumat, 06 Agustus 2010

Daftar Istilah Jaringan dan Telekomunikasi di forum

A
- ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines) : Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.

- Ad-Hoc : Suatu tipe komunikasi yang diterapkan dalam WiFi, Ad-Hoc berarti jaringan komunikasi WiFi tersebut tidak menggunakan server (pusat pengatur sistim komunikasi), contohnya adalah beberapa PDA yang berhubungan menggunakan WiFi.

- Ajis : Sebutan keren untuk operator Natrindo Axis.

- AMOLED : (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) Teknologi terbaru dari jenis layar OLED.

- Akun : istilah keren untuk account yaitu Data tentang seseorang atau objek. Account ini menyimpan berbagai informasi tentang seseorang atau objek yang dimaksud. Misalnya account anda dalam suatu komputer jaringan, atau pada suatu webserver. biasanya satu akun disertai username dan password untuk menentukan hak akses seseorang ke sebuah komputer atau network.

- AMPS : (Advanced Mobile Phone System) Suatu sistem komunikasi wireless analog.

- Anonymous : penyembunyian identitas agar tidak diketahui orang lain.

- Anonymous Proxy : webcache yang dapat menyembunyikan identitas kita saat sedang browsing.

- APN : Access Point Name --> Adalah nama titik akses untuk dapat berkoneksi ke internet (e.g indosatmms, xlgprs, dsb).

- ASCII : American Standard Code for Information Interchange. Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masingmasing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.

- Asmuni: istilah keren untuk kartu AS dari telkomsel


B
- Backbone : Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.

- Bad Thread : adalah sebuah thread yang pembahasan di dalamnya tidak teruji kebenarannya.

- Bandwith : Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit.

- Bajamerah : Istilah keren dari telkomsel

- Bata : Istilah keren dari BRP (Bad Reputation Point), digunakan untuk memberikan point kekecewaan dan berupa balok merah pada avatar member.

- Binary (Biner) : Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.

- Blog : dikenal juga sebagai web log atau web jurnal, blog merupakan catatan / jurnal pribadi yang dibaca oleh orang lain. ditulis dengan mengikuti kronologi waktu.

- Bluetooth : Protokol atau spesifikasi berkomunikasi jarak pendek yang berdaya rendah (hemat energi), Bluetooth menggunakan frekuensi 2.4Ghz, contohnya antara headset dan sellular (https://www.bluetooth.org).

- BookMark : Menandai halaman web, sehingga memudahkan pengguna untuk mewaktu waktu memuat kembali halaman web tersebut dengan mudah.

- Bps (Bit Per Seconds) : Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

- Brew = Suatu platform untuk menjalankan aplikasi/game yang dibuat oleh bahasa programming C/C++, platform ini digunakan/ditargetkan untuk selular, Brew dimiliki oleh Qualcomm.

- Broadband connection : jenis kabel internet yang relatig cepat, selalu aktif dan cocok untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, video, atau musik melalui internet.

- BTS = (Base Transceiver Station) Station mobile operator yang menghubungkan jaringan operator dan selular para pengguna.

- Bugs : Kesalahan dalam program yang mengakibatkan jalannya program menjadi kurang baik. seperti dalam phreaking bug bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan internet gratis.

-Bule : adalah koneksi internasional atau IX (International Xchange)


C
- Cache : Berasal dari kata cash, atau tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara yang dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen.

- Cendol : Istilah keren dari GRP (Good Reputation Point), digunakan untuk memberikan point hadiah berupa balok ijo pada avatar member.

- CDMA (Code Division Multiple Access) : Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.

- CDMAOne : Suatu sistim komunikasi wireless 2G dengan spesifikasi IS-95 (http://www.cdg.org/technology/2g.asp).

- CDMA 2000 1x : Suatu sistim komunikasi wireless 3G dengan spesifikasi IMT-2000 (International Telecommunication Union-2000). Dalam spesifikasi ini kecepatan transfer data minimum yang diharuskan adalah 144Kbps (http://www.cdg.org/technology/3g.asp).

- CDMA 2000 1x EV-DV : (Evolution Data and Voice) Suatu protokol yang memungkinkan kecepatan transfer data hingga 3.09 Mbps.

- CDMA 2000 1x EV-DO : (Evolution Data Only) Suatu protokol yang memungkinkan kecepatan transfer data hingga 2.4Mbps.

- Charles : Aplikasi untuk mendebugging web. Dan penggunaannya untuk phreaking adalah kemampuannya mengubah HTTP proxy menjadi HTTPS/SOCKS proxy

- CIF : (Common Intermediate Format) Ukuran gambar atau video yang berukuran 352 x 288 pixel.

- Circuit Switched Network : Model komunikasi yang jalur komunikasi tujuan untuk pengiriman paket-paket data/informasi sudah dibangun antara dua host.

- Cellular : Bahasa Inggris untuk selular. Selular artinya adalah sistim komunikasi jarak jauh tanpa kabel, selular adalah bentuk komunikasi modern yang ditujukan untuk menggantikan telepon rumah yang masih menggunakan kabel.

- CGI : Common Gateway Interface. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web.

- Comodo: adalah tools firewall 3rd party yang disediakan free untuk memproteksi sistem operasi anda (red windows)

- Copas : adalah sinkatan dari copy paste..kata2 yang berhubungan dengan hal itu adalah- mengutip, menyontek,

- CLDC : (Connected Limited Device Configuration) Merupakan suatu spesifikasi dasar yang berupa library dan API untuk diimplementasikan dalam J2ME.

- Client : Pada jaringan, client adalah sebuah software aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server.

- Client-Server : Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer ) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya (server atau mainframe).

- CP : adalah singkatan dari Cyberphreaking.

- CRT : (Cathode Ray Tube) Suatu jenis layar yang banyak digunakan pada monitor komputer dan TV biasa (yang bertabung).

- CSD : (Circuit Switched Data) Suatu protokol transfer data yang memiliki kecepatan 8 Kbps.

- CSTN = (Color Super Twist Nematic) Suatu tipe layar yang banyak digunakan pada selular, biasanya CSTN tidak memiliki warna atau berwarna sedikit. CSTN memiliki kualitas yang lebih rendah dan lebih murah dari TFT.

- Cumi: adalah istilah lain dari cumi Server. Sofware yang digunakan sebagai proxy server dan web chace

- Cyberphreaking: Komunitas phreaking Indonesia yang membahas seputar oprek operator GSM dan CDMA, maupun non-phreak seperti Tutorials, Ebook, Software hingga Hardware.

D
- Dajjal : sebutan keren untuk tools mata satu.

- Data Link : Metode pengiriman data dari suatu tempat ke tempat lain. Bisa berupa saluran telepon, kabel koaksial, gelombang radio, gelombang mikro, bahkan sinar laser.

- Decryption : proses pembacaan informasi yang telah di enkripsi/diacak agar bisa dibaca/dikembalikan lagi sesuai susunan/urutan aslinya.

- Derek : Jenis koneksi langsung dari jalur operator, namun masih ditopang tools pembantu tapi tidak melibatkan akses server luar. Sehingga koneksi yang didapat akan serasa Direct. Contoh kasus adalah mms direct, si OK.

- Dial up : Jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk bisa berhubungan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, atau bisa juga berarti provider Internet yang memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya. Hubungan ini hanya bersifat sementara.

- Direct : Jenis koneksi pure gratis tanpa menggunakan tools apapun. Murni gratis karena kesalahan operator yaitu di billing ataupun faktor luck. Contoh kasus adalah Fake Dial. Koneksi direct jg dapat berarti koneksi lurus tanpa melewati tunnel apapun.

- Disconnect : pedot atau DC atau putus sambungan koneksi internet.

- Domain : Suatu nama alamat yang menjelaskan identitas situs (website) tersebut, lain dengan IP address yang hanya menggunakan angka-angka tanpa huruf, nama Domain boleh menggunakan kata-kata, contoh: “http://www.cellulardiary.com”.

- DSL (Digital Subscriber Lines) : Metode untuk memindahkan data melalui line telepon biasa. Sirkuit DSL umumnya lebih cepat daripada sambungan telepon biasa, tetapi kabel sambungan yang dipakainya sama dengan kabel sambungan pada telepon biasa. Sebuah sirkuit DSL harus diset untuk menghubungkan dua lokasi spesifik, sehingga sistem kerjanya menyerupai leased line.

- DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) : Protokol yang secara dinamis memberikan alamat Internet Protocol baru pada komputer setiap kali ada yang melakukan login.

- Dajjal : sebutan keren untuk tools mata satu.

- Data Link : Metode pengiriman data dari suatu tempat ke tempat lain. Bisa berupa saluran telepon, kabel koaksial, gelombang radio, gelombang mikro, bahkan sinar laser.

- Decryption : proses pembacaan informasi yang telah di enkripsi/diacak agar bisa dibaca/dikembalikan lagi sesuai susunan/urutan aslinya.

- Dial up : Jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk bisa berhubungan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, atau bisa juga berarti provider Internet yang memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya. Hubungan ini hanya bersifat sementara.

- Disconnect : pedot atau DC atau putus sambungan koneksi internet.

- Domain : Suatu nama alamat yang menjelaskan identitas situs (website) tersebut, lain dengan IP address yang hanya menggunakan angka-angka tanpa huruf, nama Domain boleh menggunakan kata-kata, contoh: “http://www.cellulardiary.com”.

- DSL (Digital Subscriber Lines) : Metode untuk memindahkan data melalui line telepon biasa. Sirkuit DSL umumnya lebih cepat daripada sambungan telepon biasa, tetapi kabel sambungan yang dipakainya sama dengan kabel sambungan pada telepon biasa. Sebuah sirkuit DSL harus diset untuk menghubungkan dua lokasi spesifik, sehingga sistem kerjanya menyerupai leased line.

- DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) : Protokol yang secara dinamis memberikan alamat Internet Protocol baru pada komputer setiap kali ada yang melakukan login.

- DNS (Domain Name System) : sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

- DS : dedicated server, sebuah server yang diperuntukan untuk pribadi maupun kelompok, bisa di isi beberapa vps (Virtual Private Server).

- Durek : istilah untuk direct connection atau no proxy connection.

- DVB-H : (Digital Video Broadcast for Handheld) Suatu fungsi video streaming yang dikhususkan untuk perangkat elektronik kecil yang mudah dibawa bawa.

E
- EDGE : (Enhanced Data rates for GSM Evolution) Suatu protokol yang mengatur cara kerja transfer data pada sistim wireless GSM. Dalam teorinya kecepatan transfer data EDGE dapat mencapai 384 Kbps.

- EMS : (Enhanced Message Service) Suatu format data yang digunakan dalam GSM, EMS adalah penyempurnaan dari SMS, data EMS dapat berupa gambar, animasi, suara dan text.

- Encryption : proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan/software khusus.

- EV-DO : EVDO, juga dikenal dengan EV-DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO merupakan sebuah standart pada wireless broadband berkecepatan tinggi. EVDO adalah singkatan dari "Evolution, Data Only" atau "Evolution, Data optimized". Istilah resminya dikeluarkan oleh Assosiasi Industri Telekomunikasi yaitu CDMA2000, merupakan interface data berkecepatan tinggi pada media udara. EVDO satu dari dua macam standar utama wireless Generasi ke-3 atau 3G. EV-DO ada yang rev 0 dan rev A. beda di kecepatan koneksi.

F
- FD : (Fake Dial) istilah yang sering digunakan di CP yaitu dengan melakukan dial berkali2 yang diharapkan bisa memperoleh IP tertentu.

- FG : istilah yang menggambarkan keadaan suatu koneksi tanpa tool apapun semua aplikasi internet mampu terkoneksi dengan gratis.. -full gretz.

- Freegate : Tools untuk membypass firewall melalui tunneling menggunakan port 443 (SSL) melalui jalur TCP

G
- Gateway : Suatu “pintu gerbang” yang ditentukan sebagai tempat keluar-masuk untuk bertukaran data. Gateway biasanya juga digunakan untuk mem-filter (menentukan) data dan siapa saja yang boleh bertukaran data melalui pintu gerbang tersebut.

- GPRS (General Packet Radio Service) : suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web. makimal speed 64kbps.

- GPS : (Global Positioning System) Sistim pendeteksi/pencarian suatu lokasi yang akurat, sistim ini menggunakan satelit.

- Gretongan : sebutan lain untuk gratisan khususnya dalam bidang phreak.

- GSM : (Global System for Mobile communications) Suatu sistim komunikasi wireless 2G. Frekuensi yang dapat digunakan dalam GSM adalah 850Mhz, 900Mhz, 1800Mhz dan 1900Mhz.

- Gusdur : Istilah lain dari tools bernama mata satu. Gusdur diilhami dari alm. Abdulrahman Wahid yang matanya cuma merem satu, yang dikonotasikan pada logo mata satu yang bermata satu.


H
- HANG :adalah kondisi dimana suatu PC/komputer tidak dapat menerima/menampilkan semua input yg dilakukan oleh user.

- HSCSD : (High Speed Circuit Switched Data) Penyempurnaan dan penambahan kecepatan dari protokol CSD. HSCSD dapat mencapai kecepatan transfer data hingga 14.4 Kbps.

- HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) : adalah sebuah protokol jaringan pada telepon seluler dan biasa disebut 3,5G. Kecepatan unduh pada jaringan ini adalah hingga mencapai 14 Mbps.

- HSPA (High Speed Packet Access) : adalah kumpulan dari dua protokol jaringan telepon seluler High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) dan High Speed Uplink Packet Access (HSUPA).

- HSPA+ : adalah sebuah protokol jaringan pada telepon seluler yang kemudian disebut 4G. Kecepatan unduhnya bisa hingga 84 Mbps dan kecepatan unggahnya bisa sampai 23 Mbps.

- HSPSD : (High Speed Packet Switched Data) Suatu protokol transfer data yang digunakan pada sistim komunikasi wireless UMTS. HSPSD lebih cepat dibandingkan WCDMA.

- HSUPA (High Speed Uplink Packet Access) : adalah protokol jaringan pada telepon seluler 3G dengan kecepatan unggah hingga 5.76 Mbps.

- HTML : (Hyper Text Markup Language) Suatu format data yang digunakan untuk membuat website dalam Internet. Sekarang selular dapat surfing Internet dengan menggunakan aplikasi yang kompatible dengan HTML.


I
- Idle : Tidak jalan, menganggur, terhenti,

- Indo : Koneksi IIX atau koneksi Indonesian Internet Xchange

- Internet : Singkatan dari Interconnection Networking. The network of the networks. Diartikan sebagai a global network of computer networks atau sebuah jaringan komputer dalam skala global/mendunia. Jaringan komputer ini berskala internasional yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi. Network ini membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Dikembangkan dan diuji coba pertama kali pada tahun 1969 oleh US Department of Defense dalam proyek ARPAnet.

- IP : singkatan dari Internet Protocol, merupakan standar bagi komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lainnya dalam suatu jaringan.

- IP Gajah: adalah suatu IP yang didapat ketika kita menggunakan koneks dengani apn indosatmms, biasanya prefix IP nya 10.2xx

- IP Number : Penomoran dari alamat Internet Protocol.

- IP sakti : adalah suatu ip unik yang memiliki keunikan tersendiri. (e.g : dengan ip sakti kita bisa mendapatkan internet gratisan).

- ISDN (Integrated Services Digital Network) : Pada dasarnya, ISDN merupakan merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.

- IR : (InfraRed) Suatu sistim komunikasi wireless jarak pendek yang hemat energi. Untuk berkomunikasi menggunakan IR, setiap sensor hardware harus saling berhadap-hadapan, jarak nya hanya bisa mencapai satu meter.


J
- J2ME : (Java 2 Platform, Micro Edition) Suatu platform untuk menjalankan aplikasi/game Java, platform ini digunakan/ditargetkan untuk elektronik kecil seperti selular dan PDA.

- Jalan-jalan : Istilahnya adalah mau dikonekin dengan tools tertentu misal tunnelier atau dalam harfiahnya berhasil di phreak

- Java : Suatu programming language yang digunakan pada teknologi selular (juga pada komputer PC), aplikasi/game yang dibuat dengan Java untuk selular disebut dengan MIDP.

- Junk : E-mail / pesan sampah yang biasanya berisi promosi. sering digunakan oleh berbagai pihak untuk mempromosikan keinginannya, misalnya promosi produk, kampanye, promosi suatu halaman web, dll.

- Junk Post : adalah postingan yang sama skali tidak berguna .. biasanhya disalahgunakan member untuk memperbanyak jumlah postingan.. hal yang di forum manapun sama sekali tidak diperkenankan.

- Junker : orang yang melakukan junk post

K
- Keep Silent : adalah sebuah kata yang sering diucapkan jika salah satu member forum ada yang berbicara secara vulgar tentang suatu trik.

- Komo : Istilah dari Komodo Firewall adalah tools untuk networking yaitu terdiri dari fitur2 firewall rule, routing table, dan seabreg fitur lainnya

- Kulkas : nama keren UCP (User Control Panel).


L
- LAN : (Local Area Network) Suatu jaringan network lokal yang terisolasi digunakan untuk keperluan pribadi, contohnya adalah komputer komputer dalam satu kantor yang saling berhubungan dan bisa untuk bertukar informasi/data.

- LCD = (Liquid Crystal Display) Suatu jenis layar yang menggunakan tenaga yang sedikit (hemat energi).

- Load Balancing (networking) : adalah teknik meratakan beban pada 2 jaringan atau lebih agar penggunaanya lebih maksimal dan menghindari overload. Dengan teknik load balancing, 2 koneksi atau lebih dapat digabungkan menjadi 1 sehingga kecepatan yang didapat lebih bagus.

- LSDPA : Lemot Speed Downlink Packet Access.

- Luna : Adalah sebutan keren untuk operator XL.


M
- Maho : Istilah ini diluar Phreak, namun seringkali muncul di postingan, maho adalah julukan atau predikat bagi kaum pecinta sejenis, yang seringkali terjadi diantara brotherhood cyberphreaking.

- Mata satu : isitilah keren untuk tools mata satu.

- Mdma : sebuah software yang dipakai untuk cek pulsa di huawei, dan inspeksi profile speed suatu Simcard.

- Melon : Sebutan untuk browser K-Meleon.

- MIDP : (Mobile Information Device Profile) Java runtime yang digunakan dalam J2ME, suatu spesifikasi untuk pembuatan aplikasi/game selular yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

- MMS : (Multimedia Messaging System) Suatu bentuk format data yang biasa digunakan dalam selular, data MMS bisa berbentuk gambar, suara, video dan text yang lebih panjang dari SMS dan EMS.

- Mobil : Artinya adalah mobinity atau service free untuk akses situs jejaring sosial seperti facebook, detik, yahoo, kompas, dsb.. Disebut juga ini merupakan trik dari telkomsel dengan bugs di mobinity tsb

- Modem : singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon

N
- Network : Bahasa Inggris untuk jaringan. Suatu jaringan berarti adanya lebih dari satu titik/tempat yang berhubungan (bisa menggunakan kabel atau tidak) untuk bisa saling bertukaran data/informasi.

O
- OLED : (Organic Light Emitting Diode) Jenis layar baru yang berbeda dari monitor CRT, LCD TFT dan layar plasma. Layar OLED bisa mengeluarkan cahaya sendiri tanpa memerlukan tambahan lampu (biasanya pada layar TFT notebook dan handphone ada sebuah inverter yang memberikan cahaya). Maka layar OLED terkenal dengan ketipisannya yang hanya 1 mm bahkan bisa setipis selembar kertas biasa.

- OK : Istilah dari opsel telkomsel yang with proxy 216.3.2x2.x:80 biasanya disebut sebut jg sebagai tsel derekan

- OS : (Operating System) OS adalah suatu platform yang digunakan pada selular yang berkelas smartphone, contohnya adalah Symbian (http://www.symbian.com), Palm (http://www.palmone.com), Pocket PC (http://www.microsoft.com), Linux (http://www.linuxdevices.com) dan Java (http://www.veloxsoft.com)

P
- PCS : (Personal Communications Systems) Suatu sistim komunikasi wireless mirip seperti GSM. PCS hanya berjalan pada frekuensi 1900Mhz.

- PDA : (Personal Digital Assistant) Suatu perangkat keras yang berkerja mirip seperti komputer/notebook kecil yang hemat energi. Fungsi pada PDA sangat terbatas tidak seperti komputer/notebook.

- Pertamax: istilah keren yang digunakan untuk reply postingan pertama setelah postingan TS (Thread Start)

- Petir : Kodefikasi dari tools yang bernama putty, petir diambil dari logonya yang berbentuk petir

- Phreak : suatu ilmu mengoprek jaringan telekomunikasi agar terciptanya koneksi yang bebas dari biaya atau gratis.

- PIN : (Personal Identifier Number) Nomor rahasia yang digunakan sebagai password pada SIM card selular.

- Phising : istilah phising banyak diartikan sebagai suatu cara untuk memancing seseorang ke halaman tertentu. phising tidak digunakan oleh para pelaku "kriminal" di internet untuk memancing seseorang agar mendatangi alamat web melalui e-mail, salah satu tujuannya adalah untuk menjebol informasi yang sangat pribadi dari sang penerima email, seperti password, kartu kredit, dll.

- Ping (Packet Internet Groper) : sebuah program yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan dengan basis TCP/IP.

- Port : Dalam komputer jaringan, istilah ini dianggap sebagai sebuah kanal dalam sistem komunikasi. Biasanya port ini diberi nomor logic.
Tempat, saluran, tujuan. Suatu alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peripheral lainnya. Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti external, seperti printer atau modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, paralel dan beberapa port USB.

- PM : Private Message.

- Premix: istilah lain untuk premium account, biasanya account dari rapidshare, hotfile, dll

- Privoxy : Tools yang bermanfaat untuk mengubah proxy SOCKS ke HTTP Proxy

- mata satu : Sejenis tools untuk keperluan phreaking, tools ini bekerja untuk menfilter, membypass, dan memberikan syntax khusus terhadap protokol yang melintas di tools ini. (e.g : memberikan query pada tiap URL).

- Proxy : sebuah webcache yang menyimpan file web di memorynya untuk sementara sampai tidak ada yang mengaksesnya lagi.

- Proxyfier : tools untuk menyanggah (buffer) koneksi under proxy (HTTPS atau SOCKS) untuk selanjutnya diredirect menjadi koneksi direct connection / no proxy connection.

- Prune : Istilah untuk ngebersihkan shoutbox. Sebenernya istilah prune adalah membersihkan thread, membersihkan member, dsb.

- PSTN : (Public Switched Telephone Network) Suatu sistim komunikasi berkabel, contohnya adalah telpon rumah.

- PTT : (Push To Talk) Fungsi komunikasi suara dengan menggunakan data yang bisa dilakukan pada jaringan selular. PTT adalah half-duplex yang berarti kita tidak bisa mendengar dan berbicara pada waktu yang bersamaan, hal ini mirip dengan walkie-talkie. PTT digunakan untuk menekan biaya komunikasi karena penggunaan jalur data lebih murah dibanding jalur suara.

- Putty : adalah sebuah aplikasi emulator terminal yang dapat bertindak sebagai klien SSH, Telnet, rlogin, dan komputasi protokol TCP mentah. Nama "Putty" tidak memiliki makna definitif, meskipun 'tty' adalah nama untuk sebuah terminal dalam tradisi Unix, biasanya dianggap sebagai singkatan teletype.

Q
- QOS : Quality of Service, adalah fasilitas windows dalam networking untuk menjamin kualitas koneksi jaringan. QOS memakan 20% dari bandwith, lebih baik di 0% karena fitur ini tidak bermanfaat sama sekali.

R
- Rapidleech : script basis php untuk remote download/upload pada server lain atau sering disebut leecher.

- Repost : sebuah kegiatan yang dimana memposting ulang suatu artikel yang telah / pernah di posting sebelumnya ,hal ini dapat dihindari dengan melakukan search menggunakan fasilitas forum terlebih dahulu seblum melakukan posting artikel.

- Roaming : Fungsi untuk berkomunikasi dengan selular pada daerah diluar layanan tempat mobile operator milik pengguna, contoh roaming internasional adalah pengguna selular di Indonesia menggunakan selular-nya diluar negeri dengan bantuan operator luar negeri yang telah mengadakan perjanjian dengan operator selular pengguna, biasanya Roaming dikenakan biaya extra.

- RUIM : (Removable User Identity Module) Kartu identitas selular seperti SIM. Kartu RUIM dan istilahnya hanya digunakan pada handset selular CDMA.

S
- Saykoji : Istilah dari operator Indosat IM3 yakni maskotnya yaitu saykoji

- Services : layanan-layanan yang aktif pada sebuah sistem operasi (Caranya : RUN > services.msc), dalam praktek phreaking digunakan untuk menangkis tendangan / DC dari Dial Up Connection.

- Sikomo: adalah istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut comodo firewall

- SIM : (Subscriber Identity Module) Kartu identitas kecil yang dimasukkan pada handset selular, setiap pengguna selular memiliki SIM yang berlainan (unik) datanya. Data yang terekam pada SIM antara lain yaitu nomor telpon selular pengguna, nomor kode jaringan operator yang digunakan, nomor PIN, data kontak (buku telpon) pengguna dan lain lain. Kartu SIM hanya digunakan pada handset selular GSM.

- Smartphone : Suatu kata yang digunakan untuk menjelaskan (berarti) produk selular yang memiliki OS.

- SMS : (Short Message Service) Suatu format text yang dikirim dan diterima melalui selular, text dalam SMS mempunyai panjang maximum 160 huruf.

- Spamming : Spamming adalah mengirim mail / pesan yang mungkin tidak diinginkan/tidak disukai penerima. Posting yang sering mengakibatkan SPAMMING, misalnya: berita warning virus, media buyer, multi level marketing, surat berantai, surat yang tidak berarti (junk mail), bomb mail (mengirim email sama berulang-ulang) dan hoax email (email bohong, dari sumber yang tidak jelas).

- SS : Screenshot (print screen) atau bisa jadi dalam konteks khusus berarti tools Slip Stream.

- SSH : Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan, dalam praktek phreaking digunakan untuk membypass koneksi internet agar tercipta koneksi internet yg gratis.

- SSL (SECURE SOCKET LAYER) : SSL adalah Protokol berlapis. Dalam tiap lapisannya, sebuah data terdiri dari panjang, deskripsi dan isi. SSL mengambil data untuk dikirimkan, dipecahkan kedalam blok-blok yang teratur, kemudian dikompres jika perlu, menerapkan MAC, dienkripsi, dan hasilnya dikirimkan. Di tempat tujuan, data didekripsi, verifikasi, dekompres, dan disusun kembali. Hasilnya dikirimkan ke klien di atasnya.

- STK : (SIM Tool Kit) Spesifikasi pada kartu SIM selular GSM, hal ini bertujuan agar mobile operator GSM dapat menambahkan data atau fungsi kedalam kartu SIM, contohnya seperti menu operator, mobile banking, email dan lain lain.

- Streaming : Suatu metode mengirimkan isi yang di dalamnya isi diletakkan di sebuah server yang ditransmisikan melalui suatu jaringan dalam aliran yang terus-menerus, lalu dimainkan oleh software client.

- Sunat : Istilah dari pemotongan postingan karena ngejunk, post tidak pada tempatnya, atau postingan vulgar

- Susu : Istilah keren dari Ultrasurf.

T
- Tendang : istiliah untuk koneksi yang tiba-tiba disconnect.

- Tere : Istilah untuk operator Three

- TFT : (Thin Film Transistor) Suatu jenis atau tipe layar LCD yang memiliki kualitas warna yang lebih baik dan memiliki sudut pandang yang lebih lebar dibanding CSTN, hal ini membuat warna pada layar TFT dapat dilihat dengan jelas dari samping.

- Traceroute : (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Massage Protokol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

ex:run-->cmd-->tracert 209.85.229.104


- Tunnelier : Tools yang diperuntukkan untuk client untuk dapat meremote server dari jarak jauh menggunakan koneksi internet. Adapun praktek di phreaking digunakan untuk tunneling agar tercipta koneksi gratisan melalui bugs yang ada pada tiap operator

U
- UDP : singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

- UFB : (Ultra Fine and Bright) Suatu teknologi layar LCD yang dibuat oleh Samsung. UFB adalah peningkatan kualitas CSTN tapi masih memiliki kualitas warna yang kurang dibanding TFT.

-Upin-Ipin : Istilah lain dari pipin atau Virtual Private Network

- Ultrasurf : Tools buatan rakyat cina yang digunakan untuk membypass firewall internet dengan metode tunneling SSL (Port 443).

- UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) : adalah salah satu teknologi telepon genggam 3G (generasi ke-3). Sekarang ini bentuk yang paling banyak digunakan adalah W-CDMA yang distandarisasi oleh 3GPP.


V
- Virtual Private Server (VPS) : Juga dikenal dengan Virtual Dedicated Server (VDS) atau Virtual Server adalah teknologi server side tentang operating system dan software yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar di bagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani operating system dan software secara independen dan dengan konfigurasi yang cepat.

- VGA = (Video Graphics Array) Suatu resolusi image atau video yang berukuran 640 x 480 pixel.

- VOD = (Video On Demand) Suatu fasilitas video streaming melalui jalur data, pengguna harus memilih video (channel) yang ingin ditonton sebelum video streaming terjadi, kurang lebih sama seperti memilih TV program sebelum menonton.

- pipin : adalah singkatan dari virtual private network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman.


W
- WAP : (Wireless Application Protokol) Sebuah standard yang digunakan pada selular agar pengguna dapat mengakses halaman Internet yang berformat WML (format data yang telah disederhanakan/dikecilkan agar dapat diterima oleh selular).

- WCDMA : (Wideband Code Division Multiple Access) Suatu protokol transfer data pada sistim jaringan UMTS.

- Web proxy : layanan web yang memungkinkan Anda meminta kepada situs web proxy tersebut untuk men download kan tampilan situs yang Anda inginkan, Penggunaan web proxy juga berguna menyembunyikan IP Address Anda. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan situs-situs yang menawarkan php web proxy. Sekali lagi anda bisa manfaatkan google untuk mencarikannya. Keywordnya: “PHP Web Proxy”.

- WiFi : (Wireless Fidelity) Suatu spesifikasi transfer data WLAN. WiFi terdapat dalam IEEE 802.11 yang memiliki jarak komunikasi wireless yang pendek, spesifikasi 802.11g dapat mencapai kejauhan hingga 100 meter dengan kecepatan 54 Mbps.

- WiMAX : (Worldwide Interoperability for Microwave Access) Suatu spesifikasi untuk komunikasi data wireless. Spesifikasi WiMAX terdapat dalam IEEE 802.16. WiMAX adalah suatu penyempurnaan WiFi, WiMAX dapat berkomunikasi pada jauh hingga 5 Miles (kurang lebih 8 Kilometer) pada kecepatan transfer data 10 Mbps.

- Wireless : Suatu teknik komunikasi atau pertukaran data jarak dekat/jauh tanpa menggunakan kabel.

- WLAN : (Wireless Local Area Network) Suatu spesifikasi transfer data wireless untuk LAN.

- WWAN (Wireless Wide Area Network) : Jaringan wireless (bukan WLAN) yang menggunakan jaringan telepon seluler.

- WWW : (World Wide Web) Suatu spesifikasi atau protokol yang digunakan untuk membuat website dalam Internet.

X


Y
- pintu kebebasan : atau Your Freedom adalah tools untuk keperluan phreaking, tools ini bekerja untuk membypass dengan metode tunneling beberapa Port (80,443,53,21,dsb) dan metode-metode lainnya dan bisa dikasih/addon open pipin agar direct connection


Z

0 komentar:

Posting Komentar